Silahkan Request Ringtone Anda Disini

Sabtu, 25 Februari 2012

Mesin Pengubah Air Laut (Asin) Menjadi Air Tawar (Bersih)

| Sabtu, 25 Februari 2012 | 5 komentar

Assalamualaikum... Gimana kabar??

Mudahan dalam keadaan sehat selalu,,,

Sesuai pada postingan sebelumnya mengenai AQSEP, ini adalah ibunya alat tersebut, weleh-weleh.... "ibu"??. Ya.. saya katakan demikian karena alatnya lebih besar, jika AQSEP pada postingan sebelumnya hanya dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga atau dapat juga dikatakan untuk rumahan saja. Nah... kalau yang ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat banyak, paling tidak 1 Desa lah. 1 kecamatan juga bisa. : )

Okelah, berikut materinya,,,


Skema Pengolahan Air Laut (Asin) Menjadi Air Bersih (Tawar)




Keterangan :

P1 : Pompa 1 (Sumur)
P2 : Pompa 2 (Tangki)
P3 : Pompa Flush
SF : Sand Fiter
CF1 : Cartridge Filter 5 mikron
CF2 : Cartridge Filter 10 mikron
R/O : Mesin Utama (Type PTS 10.000 SW)


Cara Kerja
 
Air dari sumur utama yang merupakan air asin di hisap menggunakan pompa 1 (sumur) melewati Sand Filter 1 untuk proses penyaringan pertama kemudian di tampung ke tangki 1. Dari tangki 1 ini air masih berupa air asin disedot menggunakan pompa 2 dan melalui Sand Filter 2 untuk proses penyaringan kedua, berikutnya air melewati Cartridge Filter 5 mikron sebanyak dua buah dan Cartridge Filter 10 mikron 1 buah untuk proses penyaringan lebih lanjut, disini air sudah terlihat bersih namun masih terasa asin. Selanjutnya air masuk ke R/O Unit, disinilah air asin diproses menjadi air tawar, sistemnya menggunakan sistem membran, yaitu pemisahan air asin dan air tawar. Perbandingan antara air tawar dan air asin yang diproses adalah 1:5, 1 liter air bersih : 5 liter air asin. Air bersih berupa air tawar yang dihasilkan R/O di tampung kedalam tangki 2, dan air tawar siap untuk dikonsumsi. Pada sistem ini bagian dalam R/O harus tetap dibersihkan yaitu dengan di Flush. Air yang digunakan harus air bersih (tawar), dan ini di suply dari tangki 2 yang berupa air tawar hasil dari pengolahan R/O dan melalui Cartridge Filter 10 mikro, sistem pembersihannya menggunakan sistem otomatis, yaitu sekitar 10 detik saat awal pengoperasian R/O dan 4 jam sekali selama R/O dioperasikan. Selanjutnya air asin yang sudah dipisahkan dari R/O kemudian di alirkan ke sumur resapan.




Instalasi Pipa dan Alat-Alat


Instalasi yang dilakukan dilapangan yaitu alat-alat tersebut diletakkan diatas Land berukuran (aduh berapa yea…. Lupa gan,) kurang lebih 5x5 m (tergantung kebutuhan aja dah), dan diletakkan didalam box (Silter Box) berukuran 2X2 m.

O.. iya, pada saat instalasi dilapangan terdapat tambahan tangki kecil dengan kapasitas sekitar 250 liter yang berfungsi sebagai persediaan air bersih untuk melakukan proses Flush yaitu proses pembersihan bagian dalam R/O. Penambahan ini dimaksudkan agar proses Flush bisa berjalan lebih mudah tanpa terpengaruh dari kondisi tangki 2 (dua) yang sewaktu-waktu bisa kosong, karena jika persediaan air untuk melakukan Flush tidak ada maka air yang di suply ke R/O adalah berupa angin, dan ini dapat menyebabkan R/O mengalami kerusakan.


Berikut gambarannya..





Instalasi Listrik (Postingan Berikutnya)


Skema Control Panel


Mesin R/O


Control Panel



Lebih lengkap silahkan download



Demikian dulu yang IB dapat bagikan mengenai Mesin Pengolahan Air Asin Menjadi Air Tawar, insya Allah pada postingan berikutnya IB lengkapi.



Jangan Asal Copy Paste, Liat Aturannya Disini!!

Posting by : Awo

Bacaan yang berkaitan



5 komentar:

HP Yitno mengatakan...

bajetnya atau dana keseluruhan berapa sob untuk membuat merangkai mesin pengubah air asin menjadi tawar tersebut?

Unknown mengatakan...

Kalo ndk salah dana keseluruhan utk alt yang sy pasang tu sekitar 4,5M sob,,, gde ya...
tu bantuan pemerintah melalui DISKANLUT, kalo untuk rumahan ada bahan yg mudh didapt yaitu dengn filter gerabah dan karbon dari pohon bakau...

Unyil mengatakan...

Untuk filter gerabah boleh dong pak gambar serta perlengkapanyya di posting.

PakanRajaAjaibSuper mengatakan...

kami bisa mengerjakannya, biaya Rp1M. tlp.081617983008

Unknown mengatakan...

wew,, lokasi mana nie,,?!

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
free counters

Frontpage Hit Counter
Free Web Stats

IP

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

© Copyright 2010. Download Ringtone Gratis . All rights reserved | powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com